ALL ABOUT TRISTAR BSD

ALL ABOUT TRISTAR IEU

ALL ABOUT TRISTAR KALIWARON

ALL ABOUT TRISTAR CRUISE

Senin, 31 Agustus 2015

Tristar Machinery


Mesin Untuk Mengolah & Mengemas  Bahan Pangan

UNTUK merespons permintaan pasar di Jatim dan Indonesia Bagian Timur, Tristar Machinery –unit usaha di bawah bendera Matoa Holding-- kini menyediakan mesin vacuum packager atau mesin pengemas vakum yang berbentuk mini portable maupun portable untuk memenuhi kebutuhan usaha skala rumahan.
Namun jika ada permintaan mesin pengemas vakum untuk usaha skala besar menengah, maka Tristar Machinery siap untuk mendatangkan mesin sejenis yang berkapasitas lebih besar dengan model berdiri (stand model) bukan portable.
Alat canggih tersebut saat ini telah banyak digunakan oleh pengusaha makanan dan usaha lainnya yang membutuhkan mesin vacuum packager. Bahkan, saat ini sudah ribuan mesin pengemas vakum --dengan merek yang beragam-- ini yang sudah dipakai untuk usaha di berbagai kota di Indonesia.

Menurut Enny Susanti, di outlet Tristar Machinary Jl Jemursari 234 Surabaya, menyediakan mesin pengemas vakum model portable merek Aecoe dan mini portable merek Mowerpack. Kedua mesin pengemas vakum tersebut buatan China. Kualitas produk yang diimpor dari negeri Tirai Bambu itu tidak kalah dengan mesin sejenis buatan Amerika Serikat (AS) tetapi harganya sangat terjangkau oleh pelaku usaha skala rumahan.

”Mesin pengemas vakum merek Powerpack model mini portable harganya kami bandrol Rp 1 jutaan, sedangkan mesin pengemas vakum model portable merek Aecoe harganya sekitar Rp 10,5 jutaan per unit. Mesin buatan China ini juga sudah bersertifikat ISO 9001:2000,” terang Enny di kantornya, kemarin.

”Dari pihak toko berani memberikan garansi kepada pembeli selama setahun sejak tanggal pembelian, berupa servis gratis di luar penggantian spare part,” katanya menambahkan.

Fungsi mesin vacuum packager ini untuk mengemas secara vakum, dengan cara menghilangkan udara dalam kemasan plastik. Sehingga produk makanan lebih tahan lama, lebih mudah menyimpannya dan mudah pendistribusiannya.

Contoh bisa Anda lihat di gambar daging dalam kemasan vakum di bawah ini. Daging ini dikemasan dengan mesin vacuum packager.

Cara kerja mesin vacuum packager adalah dengan mengisap udara dalam kemasan plastik, lalu merekatkan ujung kemasan plastik hingga menutup rapat produk. Jadi cara kerja mesin ini adalah menyedot udara dan menutup kemasan dengan cara pemanasan.

Selain mesin kemasan vakum, peralatan kuliner yang banyak dicari pelaku usaha restoran adalah kompor listrik induksi (induction cooker). Kompor induksi menjadi idola baru bagi chef, profesional dan pecinta masak. Sifatnya yang mudah panas dan aman disentuh anak kecil membuatnya tampak begitu mewah. Sayangnya pengunaan kompor induksi belum populer di Indonesia.

Salah satu perbedaan mencolok kompor induksi dengan kompor lain adalah tidak adanya api dalam proses memasak. Hal yang juga menjadi keuntungan ini sempat membuat bingung ibu-ibu yang tertarik mengingat cara kerjanya yang tidak umum.

Secara garis besar kompor induksi adalah kompor yang bekerja akibat efek induksi yang diakibatkan oleh arus listrik yang melewati kumparan yang ada dalam kompor tersebut. Sama seperti kompor listrik biasa, kompor induksi juga menggunakan energi listrik.. Kompor listrik biasa menggunakan filamen untuk menghasilkan panas, sedangkan kompor induksi menggunakan alat masak itu sendiri (panci atau kuali) untuk menghasilkan panas.

Hanya dengan mencolokkan kabel kompor listrik dan atur suhunya mulai 80°C sampai 280°C. Meskipun temperaturnya panas, kompor yang satu ini tidak akan berasa panas jika di pegang pada bagian manapun karena sistemnya yang hanya memanaskan daerah sekitar alas. Rahasianya ada pada panel dari keramik yang hanya berefek panas pada alat masak berdasar logam.


Keistimewaan Kompor Induksi:

Tidak Berbahaya

Kompor induksi tidak mengeluarkan api, akibatnya kecil kemungkinan akan terjadi luka bakar. Selain itu, proses ini juga tidak memanaskan udara di sekitarnya, sehingga orang yang sedang berada di dekat kompor tidak akan merasa kepanasan. Alat masak pun lebih awet karena tidak menghitam akibat api.

Hemat
Penghematan dari energi saja mencapai lebih dari 72 persen daripada kompor lain membuat kompor induksi efisien dan ramah lingkungan. Dengan adanya timer otomatis satu hingga dua jam, energi tidak akan terbuang dengan percuma dan mengurangi kemungkinan gas yang meledak.

Kenapa memilih kompor induksi?
1. Selama pemakaian, permukaan tidak sepanas kompor biasa, sehingga mengurangi risiko luka bakar tidak sengaja ( tetap disarankan untuk berhati-hati).

2. Permukaan cocok untuk segala alat masak, disarankan teflon dan panci rantang (tidak terlalu tebal, tapi tidak terlalu tipis).

3. Dengan bobot hanya 3 kg, sehingga mudah dipindahkan kemana-mana.

4. Dan, yang terpenting, tidak ada risiko meledak ato kebakaran karena kebocoran gas elpiji, dikarenakan menggunakan sistem induksi untuk menghasilkan panas, sehingga pemakaian kompor induksi jauh lebih aman ketimbang kompor gas.

Kelebihan Kompor Listrik Induksi (Induction Cooker):
  • - Menggunakan teknologi pemanasan elektromagnetik
  • - Menggunakan kontrol micro-computer dan multifungsi sehingga sangat mudah digunakan ( Panel Digital) .
  • - Aman, tidak menggunakan api/ pijar sehingga tidak ada risiko luka bakar.
  • - Tatakan terbuat dari keramik.
  • - Hemat biaya.
  • - Desain tipis, lebih mewah dan elegan
  • - Mudah dalam perawatan, cukup dilap dengan kain basah.
  • - Daya listrik dapat diatur sesuai kebutuhan 190W-1800W
  • - Panel digital bisa untuk mengatur: Daya Listrik, Suhu, Waktu, dan Jenis masakan. 
Nah tunggu apa lagi, buruan menggunakan kompor induksi yang saat ini mulai diminati masyarakat terutama pelaku usaha kuliner di Surabaya dan sekitarnya. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar