ALL ABOUT TRISTAR BSD

ALL ABOUT TRISTAR IEU

ALL ABOUT TRISTAR KALIWARON

ALL ABOUT TRISTAR CRUISE

Rabu, 20 Januari 2016

Pelatihan Membuat Roti Sebagai Peluang Wirausaha

Pelatihan Membuat Roti Sebagai Peluang Wirausaha

Pelatihan wirausaha satu ini sangat diminati oleh berbagai kalang terutama kaum wanita. Namun kaum pria juga mulai banyak yang mengikuti kursus pembuatan roti. Bertempat di laboratorium pastry yang ada di Jl. Raya Dukuh Kupang No. 157B, kampus IEU menggelar pelatihan membuat roti dengan menghadirkan Chef Vivi dari Tristar Collaboration IEU untuk berbagi ilmu dan mendemokan 3 macam resep roti. Apa serunya dari acara pelatihan membuat roti ini ?

Acara pelatihan membuat roti yang digelar khusus untuk program sosial dari Lembaga Manajemen Infaq (LMI) sejatim ini sangat menarik diikuti dan disambut antusias oleh semua peserta kursus. Pasalnya, materi yang diajarkan bisa digunakan sebagai bentuk peluang wirausaha.
“Acara pelatihan ini adalah untuk berbagi ilmu serta inovasi kepada peserta dari LMI sehingga mereka bisa mempertajam kemampuannya di bidang mengolah roti dan menciptakan peluang usaha” ungkap Chef Vivi selaku dosen pastry.

Bersama Chef Vivi dari Tristar Collaboration IEU, peserta diajak untuk berbagi ilmu bakery sambil melihat kepiawaian Chef Vivi mendemokan 3 macam resep roti. Resep apa saja itu? Sesuai dengan permintaan, pelatihan wirausaha kali ini mempraktikkan produk roti yaitu Cinnamon Roll, Milky Bun dan Sausage Twist Bread. Dan satu lagi, dalam pelatihan ini peserta juga diajarkan bagaimana cara perhitungan harga jual dari produk rot tersebuti. Penasaran, kan ?

“Banyak yang bilang membuat roti itu susah karena musti dikembangkan beberapa kali. Nah, untuk menghasilkan roti yang mengembang sempurna tentu saja ada tahapan yang harus perhatikan, yang paling penting adalah ketepatan dalam pengukuran bahan-bahan" jelas Chef Vivi.

Tanpa canggung Chef Vivi langsung memberikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan. Pelatihan membuat roti ini tak hanya sekedar dijelaskan mengenai cara membuatnya saja melainkan para peserta juga diajak praktik langsung membuat produk roti.

Di sela-sela proses pelatihan ini, para peserta juga bisa langsung mengajukan pertanyaan seputar materi roti dan Chef Vivi pun segera memberikan jawaban yang jelas dari pertanyaan tersebut. Tak lama kemudian, proses pembuatan Cinnamon Roll, Milky Bun danSausage Twist Bread selesai, Chef Vivi pun segera menunjukkan hasil jadinya. Tak lupa para peserta latihan juga bisa mencicipi hasil demo yang kala itu juga dibagikan.
“Yang pasti acara ini menarik sekali, beruntung kita bisa belajar dan menambah pengetahuan. Trus, hasil jadinya sangat enak lho.... pokoknya seru dan tidak rugi waktu ikutan pelatihan membuat roti ini ” ungkap salah satu peserta yang datang dari Sumenep.
Berikut salah satu resep pembuatan roti yang bisa dicoba:

 Cinnamon Roll
Bahan:
·        400 gram Tepung terigu protein tinggi
·        100 gram Tepung terigu protein sedang
·        100 gram Gula kastor
·        11 gram Ragi instan
·        1 sdt Bread improver
·        4 butir Kuning telur, kocok lepas
·        200 ml Susu cair dingin
·        100 gram Mentega
·        1/2 sdt Garam
Filling (Isi):
·        50 gram Gula palem
·        1 sdm Kayu manis bubuk
·        50 gram Kismis
Cara Membuat:
1.   Dalam bowl, campur terigu, gula, ragi dan bread improver, aduk rata. Masukkan kuning telur dan susu, aduk dan uleni hingga rata/kalis. Tambahkan mentega dan garam, uleni hingga kalis dan elastis.
2.   Bulatkan adonan dan tutup dengan plastik/serbet bersih yang lembab. Diamkan hingga mengembang 2x lipat, kurang lebih 30 – 45 menit.
3.      Kempiskan adonan dan bagi adonan menjadi 2 bagian, gilas adonan menjadi ukuran kurang lebih 30 x 25 cm. Taburi permukaannya dengan campuran gula palem dan kayu manis bubuk, taburi kismis.
4.   Gulung adonan dari sisi yang lebih panjang, kerat-kerat adonan lalu potong bulat, tata di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti atau diolesi margarin.
5.      Panggang dalam oven suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit (api bawah) dan 5 menit (api atas), angkat dan sajikan.



Susahkah belajar membuat roti? Tidak ada kata susah untuk belajar. Tristar Collaboration IEU memberi solusi bagi Anda yang ingin memulai belajar wirausaha atau mengembangkan usaha di bidang makanan. Dan salah satunya melalui pelatihan program keahlian patiseri mengenai teknik pembuatan roti.

Dengan tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman, serta didukung dengan peralatan standar industri, diharapkan peserta pelatihan bisa membuat berbagai macam roti hingga menjadi produk bercitarasa tinggi dan layak jual. Jadi tunggu apalagi, Tristar Collaboration IEU bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berwirausaha. *Upi
S1 Education Program
“International Culinary Business”
IEU (Indonesian European University)
Surabaya || Jl. Raya Dukuh Kupang No. 157B
Graha Tristar || Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya
Ph. 081233752227 – 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2B517ECB ; 2B425821 ; 53B4EFD8
www.kuliah-sambil-kerja.com
www.tristarculinaryinstitute.com
www.ieu.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar