ALL ABOUT TRISTAR BSD

ALL ABOUT TRISTAR IEU

ALL ABOUT TRISTAR KALIWARON

ALL ABOUT TRISTAR CRUISE

Jumat, 02 September 2016

Aplikasikan Mata Kuliah Entrepreneurship & Catering Business

Mahasiswa S1 Culinary Business Tristar Institute-IEU Konsentrasi Culinary Layani Masakan ala Catering


 
DITENGAH kesibukannya mengikuti agenda perkuliahan, Fahmi Rizal dan beberapa mahasiswa S1 Culinary Business Tristar Institute-STIE IEU Surabaya dipercaya pihak akademik membuka layanan jasa catering, sejak dua bulan lalu. Langkah positif ini merupakan implementasi dari mata kuliah Entrepreneurship dan Catering Business yang telah diajarkan di kelas.

Hampir setiap pekannya mereka sibuk menyiapkan menu masakan ala catering yang dikemas dalam kemasan rice box (nasi kotak) pesanan pihak kampus Tristar Institute-IEU untuk makan malam dosen dan staf STIE IEU. Pesanan rutin ini diterima sejak pasca Lebaran 1437 H atau sekitar dua bulan lalu.

”Tantangan ini sekaligus menjadi peluang bagi kami untuk mendorong Fahmi Rizal dan kawan-kawan yang terlibat dalam catering business project tampil all out saat menerima order dari konsumen termasuk dari pihak kampus IEU sendiri,”  kata Farah Fina, Marketing S1 Culinary Business Tristar Institute-IEU Surabaya, Selasa (30/08/.2016).

Jika awalnya, lanjut Farah, mahasiswa S1 Culinary Business hanya menerima order 15-20 nasi kotak, kini pemesanan sampai 100 nasi kotak bisa dilayani dengan baik sesuai permintaan pelanggan. Motivasi yang tinggi dari mahasiswa semakin tumbuh kembang karena dalam mengaplikasikan mata kuliah Entrepreneurship dan Catering Business itu mereka dibimbing langsung oleh chef Adeline Nadia Daniel.

Hal itu bisa dilihat ketika chef Della terjun langsung melakukan supervisi terhadap empat mahasiswa S1 Culinary Business Tristar Institute-IEU –tim catering business project-- yang menerima pesanan 15 nasi kotak untuk makan malam dosen dan mahasiswa S2 STIE IEU pada Kamis (25/08/2016). Harga per kotak dipatok antara Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu.

Kehadiran chef Della, sapaan akrab Adeline Nadia Daniel, hanya untuk memastikan bahwa menu catering yang dimasak mahasiswa sesuai standard operation procedure (SOP) dari usaha jasa catering service. ”Saya ingin memastikan bahwa saat membuat menu masakan ala catering sudah sesuai prosedur seperti yang telah diajarkan sebelumnya,” kata chef Della di Laboratorium Praktik Culinary S1 Culinary Business Tristar Institute-IEU, pekan lalu.
 
Menurut catatan www.culinarynews.info, mahasiswa S1 Culinary Business pada Februari 2016 lalu, diajarkan membuat menu masakan ala catering  di dapur culinary dan pastry –merupakan implementasi dari salah satu mata kuliah wajib—yang diasuh oleh Lily Andayani  (Dosen Pastry) dan Adeline Nadia Daniel (Dosen Culinary) Tristar Institute-IEU.

Menu masakan ala catering tersebut berupa ayam saos bistik, tumis wortel buncis, kentang goreng, egg roll (isi chicken) dan bihum goreng (vermicelle vegetables chicken) ditangani dua kelompok kecil berjumlah 13 mahasiswa.

13 mahasiswa itu bahu membahu bersama chef Della, sedangkan dua kelompok kecil lainnya berjumlah delapan mahasiswa menyiapkan sponge cake, sponge pudding (strawberry blasting), kue pandan srikaya (steam cake) dan es buah. Delapan mahasiswa itu tampil all out bersama chef Lily Andayani.

Dari tim culinary mendapat tugas menyediakan 50 nasi kotak (tempatnya diganti dengan memakai sterroform). Sementara itu tim pastry ditugaskan untuk menyiapkan 50  kotak kue (isinya dua macam yakni sponge cake dan steam cake) dan 50 gelas plastik (cup) untuk wadah es buah (isinya berupa potongan kotak-kotak kecil buah semangka, melon, nanas dan sponge pudding).  

Pesanan menu masakan ala catering itu selanjutnya dibagikan mahasiswa S1 Iulinary Business kepada tukang becak, pemulung, mitra pasukan kuning dan orang-orang pinggiran yang ada di sekitar kampus Tristar Institute-STIE IEU kawasan Jl Dukuh Kupang (belakang Stasiun TVRI Surabaya).

Menurut chef Della, masakan ala catering yang dikemas dalam bentuk 50 paket lengkap berisi nasi kotak, kue dan es buah yang dibagikan mahasiswa kepada orang-orang pinggiran di sekitar kampus itu merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap sesama.

Oleh karena itu, pihaknya juga menugaskan mahasiswa S1 Culinary Business untuk membagikan sendiri masakan yang telah  dibuatnya di dapur uji, demi mendekatkan diri mahasiswa dengan warga pinggiran di sekitar lingkungan kampus.

”Harapan kami mahasiswa punya kepekaan sosial yang tinggi terhadap lingkungannya agar mereka tidak terjebak dalam menara gading. Makanya pada kesempatan kali ini mahasiswa kami libatkan langsung dalam kegiatan bakti sosial seperti ini,” ujar chef Della di dampingi chef Lily kepada kru www.culinarynews.info.

Anda tertarik dengan perkuliahan di Kampus Tristar Institute-STIE IEU Surabaya, silakan menghubungi Sdri. Farah Fina, Tim Marketing Tristar Institute-IEU Surabaya, Jl Raya Dukuh Kupang No. 157B Surabaya, Telp. 0812 3375 2227, 0812 3450 6326, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar