ALL ABOUT TRISTAR BSD

ALL ABOUT TRISTAR IEU

ALL ABOUT TRISTAR KALIWARON

ALL ABOUT TRISTAR CRUISE

Kamis, 08 September 2016

Tristar Machinery Sediakan Aneka Peralatan Masak Berkualitas

Pengusaha Cake & Bakery dari Timor Leste Datangkan Alat Pemotong Roti Tawar dari Tristar Machinery


PENGUSAHA Cake & Bakery dari Timor Leste, Carminda, mendatangkan alat pemotong roti tawar (bread slicer) dari Tristar Machinery Surabaya. Pasalnya, roti tawar yang sudah dipotong jadi 10-12 blade, penampilannya lebih cantik daripada dikemas utuh dalam wadah plastik transparan.


Bisnis cake & bakery di Dili, ibukota Timor Leste, belakangan tumbuh kembang, menyusul kian membaiknya perekonomian negara yang baru merdeka dan kini sudah menjadi anggota ASEAN tersebut. 

Pendapatan per kapita penduduk Timor Leste, terutama di kota-kota besar trennya semakin meningkat sehingga roda perekonomian juga berputar lebih kencang. Ini juga mengimbas pada pelaku usaha cake & bakery di negeri itu yang permintaannya semakin bertambah.

Menurut Sofyan dari Tristar Machinery, alat pemotong roti tawar (bread slicer) yang harga ritelnya dibandrol Rp 11,625 jutaan per unit tersebut, dikirim ke Timor Leste melalui jasa ekspedisi yang menjadi langganan Carminda.

”Jadi kami dari Tristar Institute hanya mengepak kemudian mengirim bread slicer ini ke perusahaan jasa ekspedisi langganannya yang konon tarifnya lebih hemat,”  kata Sofyan dan Dessy, anggota tim Marketing CV Tristar Machinery kepada www.culinarynews.info, Sabtu (03/09/2016).

Sebelum alat pemotong roti tawar (bread slicer) ini di-packing dan dikapalkan ke Timor Leste, alat tersebut dicek dulu semua kelengkapannya bahkan dicoba lebih dulu agar sesampai di alamat tujuan, konsumen bisa langsung memanfaatkan mesin buatan China itu untuk mendukung bisnis mereka.

Sesuai spesifikasi teknisnya, bread slicer ini bisa memotong roti tawar menjadi 31 blade per piece, untuk sekali pemotongan. Dengan demikian, alat pemotong roti tawar (bread slicer) ini sangat membantu pekerja kala memotong roti tawar utuh menjadi bentuk irisan tipis yang cantik penampilannya.

Selain Carminda dari Timor Leste, pelanggan CV Tristar Machinery dari Papua, Lenny, seorang pengusaha cake & bakery asal Surabaya yang kini hijrah ke Jayapura (ibukota Provinsi Papua) juga memesan mesin oven gas (satu deck, dua loyang) seharga Rp 10,5 jutaan, belum termasuk diskon 10 persen. 

Sesuai rencana, barang-barang pesanan pengusaha cake & bakery dari Timor Leste dan Papua ini dikirim ke alamat pembeli melalui jasa ekspedisi, pekan ini. Jika semua dokumen pengapalan sudah beres, pengiriman ke papua bisa memakan waktu 1-2 mingguan. Sedangkan pengiriman barang ke Timor Leste dari Surabaya --dengan dilengkapi dokumen ekspor impor-- paling cepat dua mingguan, barang sudah sampai ke alamat pembeli.  
 

”Hanya saja tarif jasa ekspedisi dari Surabaya ke Timor Leste relatif lebih mahal (bisa mencapai Rp 5 jutaan) dibanding biaya pengapalan antarpulau ke Jayapura, ibukota Provinsi Papua,” terang Sofyan, disela-sela kesibukannya mengecek  kelengkapan alat pemotong roti tawar (bread slicer) tersebut.

Sekadar informasi, CV Tristar Machinery selain menyediakan alat pemotong roti tawar (bread slicer), juga berdagang aneka peralatan memasak lainnya seperti gas fryer, freezer, mesin presto ikan bandeng, oven, alat penapis minyak.

Aneka mesin dan peralatan masak yang ditawarkan Tristar Machinery kebanyakan adalah produksi China dan buatan Indonesia, sedangkan sisanya diimpor dari Jepang, Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Dominasi produk China yang ditawarkan kepada pelanggan itu karena harganya sangat terjangkau, tetapi jika dibandingkan dengan produk buatan Jepang, terus terang kualitas produk Jepang berada jauh di atasnya. Hanya bedanya, harga peralatan masak buatan Jepang bisa terpaut sampai dua kali lipatnya dibanding harga produk sejenis dari China.

Sampai Triwulan III tahun 2016 ini, permintaan berbagai jenis peralatan masak yang di-handle Tristar Machinery terus mengalir mulai mesin pencetak bakso, alat es puter manual, sausage stuffer (mesin filling sosis manual), mesin presto industri, freezer (mesin pendingin). food processor, blender, mixer, mini vacuum sealer, spiner, alat penapis minyak, cup sealer, hand sealer hingga continuous sealer.

Setiap hari sedikitnya 10 calon konsumen yang datang langsung ke mari untuk mencari peralatan masak. Sedangkan calon konsumen lainnya terutama dari luar kota dan luar Jawa juga banyak yang menghubungi lewat telpon setelah mereka browsing internet. Selain tanya-tanya spesifikasi barang dan harganya, mereka juga menanyakan bagaimana pengiriman barang itu kalau pemesannya dari luar pulau.

Selain menanyakan spesifikasi barang dan harga, konsumen juga menanyakan layanan purna jual (after sales service) dan garansi pembelian. Menurut pihak Tristar Machinery, setiap produk yang dibeli ada garansi servis (sekitar 1 tahunan). Pembeli mesin presto industri juga mendapat spare part berupa satu buah seal karet untuk dipakai cadangan.

Harga barang yang di-display di outlet Tristar Machinery hampir semuanya ada fasilitas diskonnya, maksimum 10 persen. Selain itu, untuk menarik pembeli, Tristar Machinery juga melayani jasa antar gratis di wilayah Surabaya dan sekitarnya, untuk pembelian dengan nilai tertentu. 

”Sedangkan untuk pengiriman barang ke luar kota atau luar pulau, Banjarbaru (Kalsel), misalnya, pembeli dikenakan biaya ekspedisi yang besar kecilnya disesuaikan dengan jauh dekat alamat pelanggan dan ukuran (berat) barang yang akan dikirim,” tandas Sofyan, di sela kesibukannya menyiapkan palet untuk mengapalkan alat pemotong roti tawar minyak pesanan Carminda dari Timor Leste.

Nah, untuk informasi lebih lanjut seputar sisik melik peralatan masak untuk usaha skala rumahan (home industry), Anda bisa menghubungi Tim Marketing Tristar Machinery, Jl Raya Jemursari No. 234 dan 244 Surabaya Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar